Tool Aplikasi dan Service

Sebagaimana kita ketahui terdapat Tool dan Fitur lain yang dapat digunakan untuk troubleshooting dan sevice. Uraian ini akan membahas tentang beberapa tool dan service.

Event Viewer

Event Viewer (Eventvwer.msc) mengelola log aplikasi, sekuriti, dan sistem komputer. Tool ini juga berisi informasi untuk mendiagnosis masalah hardware dan software.

Event Viewer menyediakan tiga log. Pertama, Application Log yang berisi event yang dicatat oleh sebuah aplikasi. Log kedua adalah Security Log yang mencatat event security. Administrator dapat melihat informasi event yang dicatat oleh Log Securiti. Dan yang terakhir System Log yang berisi tentang komponen system.

Log Event Viewer dapat memberikan petunjuk atas masalah yang mempengaruhi system . Pada troubleshooting, gunakan informasi tersebut untuk mengidentifikasi masalah aplikasi, driver, atau service, atau masalah yang sering muncul.

Untuk menjalankan Event Viewer , ketik eventvwr.msc pada kotak dialaog run atau melalui computer management. Untuk informasi lebih lanjut, lihat help pada menu Action di Event Viever.

Global Flags Editor

Global Flags Editor (Gflags.exe) merupakan GUI-mode Support Tool yang bias digunakan oleh Administrator untuk meng-disable atau enable fitur diagnosis dan troubleshooting system internal pada computer yang menjalankan windows xp . Global Flags Editor ini didesain untuk pengembang aplikasi.

Gunakan Tool ini untuk mengedit flag global yang digunakan kernel pada saat berjalan. Flag Global merupaka entri GlobalFlag pada registry yang dicek Windows xp untuk meng-disable atau enable diagnosis dan trouble system internal.

Hati-hati dalam penggunaan karena dapat mengakibatkan dampak buruk pada performa.

Performance

Dengan Performance (Perfmon.msc) MMC, dengan Performance ini kita dapat membuat patokan Performa, mendiagnosis sistem, dan mengantisipasi meningkatnya permintaan atas resource sistem.

Performancemempunyai dua komponen: System Monitor dan Performance Logs and Alerts. Dengan dua komponen itu kita dapat mengumpulkan, menyimpan, dan melihat data real-time aktivitas hardware dalam berbagai format. Kita dapat mengconfigurasi Performance Logs and Alarets untuk mencatat data performa dan megeset alert system pada parameter yang ditentukan berada dibawah atau diatas ambang batas yang ditentukan.

Untuk menjalankannya cukup dengan mengetikan Perfmon.msc pada menu run.

Registry Editor

Pengguna tingkat lanjut dapat menggunakan Registry Editor, Regedit.exe, untuk melihat atau mengubah setting sistem. Registry merupakan database sentral yang menyimpan informasi user, software, dan hardware. Registry Editormenampilkan data dengan menggunakan GUI yang menampilkan subtree, key, subkey, dan entri.

Mengedit Registry secara langsung jarang dilakukan, dan menggunakan registry editor biasanya opsi terakhir. Hati-hati ketika mengedit registry karena jika menggunakan nilai yang salah dapat menyebabkan instabilitas. Registry Editor ditujukan untuk tingkat lanjut yang sudah familiar dengan konsep registry dan ingin mengonfigurasi setting yang tidak ditampilkan pada interface user. Jika mau mengedit registry backup dulu dengan menggunakan System Restore atau Backup. Ketika ada masalah setelah mengedit registri, kita dapat memulihkannya dengan me-restart dan menggunakan opsi Startup Last Known Good Configuration.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: