SOFTWARE DAN PROTOKOL JARINGAN

A. SISTEM OPERASI JARINGAN

Terdapat banyak system operasi jaringan dan yang pertama muncul adalah UNIX pada tahun 1969 di perusahaan AT dan T. Dan sekarang unix terdapat beberapa varian dan salah satunya adalah Linux. Bahkan Windows NT mempunyai dasar yang hamper sama dengan UNIX. Sistem operasi jaringan yang lainnya misalnya Novell Netware dan Apple Mac OS X. setiap operasi, khususnya varian UNIX biasanya spesifik terhadap arsitektur computer yang digunakan.

Syarat utama suatu system operasi dapat menjadi sistem operasi jaringan adalah :

  1. Stabil
  2. Aman
  3. Mendukung jaringan secara native
  4. Multiuser
  5. Dapat melakukan operasi multitasking
  6. Dapat mendukung penggunaan hardware dalam sekala besar, misalnya memori berkapasitas gigabyte dan multiprosesor agar operasi dapat berjalan lebih cepat dan memberikan layanan dengan baik.

B. PROTOKOL

Protokol ini di ibaratkan dengan bahasa komunikasi antara computer dengan jaringan dan setiap macam protokol mempunyai keunggulan tersendiri.

  1. NetBEUI

Merupakn protokol yang banyak digunakan dalam jaringan local yang berbasis Microsoft Windows . sangat baik dan cepat untuk layanan sharing dan print sharing. Salah satu kelemahannya adalah tidak bias dirouting sehingga hanya dapt di jaringan local.

  1. IPX/SPX (Internetwork Packet Exchange/ Sequenced packet Exchange)

Protocol yang hamper sama dengan NetBEUI dan dapat di routing serta biasanya digunakan di jaringan berbasis operasi Novell Netware.

  1. Protokol yang dikembangkan oleh OSI /ISO seperti X.25/X.75/X.400

Protocol ini telah digunakan oleh beberapa institusi. Sayang segala informasi tentang protocol ini harus dibeli oleh kita ISO. Hal ini menyebabkan perkembangan ISO/OSI menjadi lambat.

  1. TCP/IP (Transmision Control Protocol/ Internet protocol)

Protocol yang digunakan di jaringan global karena memiliki system pengalamatan yang baik dan memiliki pengecekan data.

Dalam dunia internet tidak ada badan yang berhak mengatur jalannya internet secara umum. Tapi untuk protocol yang digunakan dalam mengatur, mengontrol, serta melakukan standarisasi protocol. Lembaga itu adalah :

1. Internet society

Bertugas mendukung dan mempromosikan pertumbuhan internet sebagai sarana untuk riset. Lembaga ini tidak hanya mengurusi masalah teknis tetapi juga masalah politik, social kemasyarakatan.

1) Internet Architecture Board (IAB). Merupakan penasehat teknis bagi Internet society. IAB mempunyai wewenang untuk menerbitkan document standart internet (RFC= Request For Comment), mengatur angka-angka dalam konstanta yang digunakan dalam protocol Internet.

2) Internet Engineering Task Force (IETF). Badan yang berorientasi membentuk satandart internet. Badan ini dibagi kedalam 9 kelompok kerjayang dimana masing-masing kelompok betugas menghasilkan standart- standart Internet. Contohnya kelompok routing. Dan dari stiap kelompok akan menghasilkan usulan-usulan standart internet yang nantinya akan diseleksi. Dan yang lolos seleksi akan menjadi standart Internet setelah ditetapkan oleh IAB. Sebenarnya tidak hanya IETF yang membuat standart internet tetapi lembaga lain, diantaranya IEEE. IEEE merupakan organisasi profesi untuk teknik elekto telah mengembangkan beberapa standart protocol physical layer dan link layer untuk LAN.

Internet Research Task Force (IRTF). Merupakan lembaga penelitian untuk jangka waktu panjang.

Ada beberapa istilah mengenai TCP/IP, yaitu :

Host atau end system : Seorang pelanggan pada layanan jaringan komunikasi. Host biasanya berupa individual workstation atau personal computer dimana tugas dari host ini biasanya menjalankan aplikasi dan program server yang berfungsi sebagai user dan pelaksana pelayanan jaringan komunikasi.

3) Internet

Merupakan suatu kumpulan dari jaringan (network of networks ) yang menyeluruh dan menggunakan protocol TCP/IP untuk berhubungan seperti virtual networks.

4) Node

Istilah yang diterapkan untuk router dan host. Protocol, merupakan sebuah prosedur standar atau aturan untuk pendefinisian dan pengaturan transmisi antara komputer-komputer.

5) Router

Suatu devais yang digunakan sebagai penghubung antara dua network atau lebih. Router berbeda dengan host karena router biasanya bukan berupa tujuan atau data traffic. Fungsi routing dapat dilakukan oleh host yang mempunyai dua networks connection atau lebih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: