Pemeliharaan Disk pada Windows XP

Windows XP menyediakan tool pemeliharaan Disk, yang bisa kita gunakan untuk mencegah timbulnya masalah. Tool itu diantaranya:

Chkdsk

Chkdsk (Chkdsk.exe) merupakan tool command-line yang menecek masalh pada volume, dan memperbaikinya jika ditemukan. Chkdsk dapat memperbaiki masalah yang berhubungan dengan bad sector dan directory error.

Untuk disk yang diformat dengan NTFS, Chkdsk pada Windows XP bias menyediakan peningkatan performa yang signifikan (dibandingkan yang terdapat pada Windows 2000 Profesional, dan Windows NT4.0 Workstation) pada waktu menggunakan parameter baru /I dan /c.

Kedua parameter tersebut memerintahkan Chkdsk.exe untuk melewati beberapa pengecekan system tertentu, yang akan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan Chkdsk. Anda harus masuk sebagai administrator atau anggota grup administrators untuk menjalankan Chkdsk.

Chkdsk hanya akan memperbaiki error saja jika anda menggunakan parameter /f pad baris perintah. Chkdsk harus bias menunci drive untuk memperbaiki error. Karena biasanya mengubah file allocation table harddisk, dan kadangkala menyebabkn hilangnya data.

Jika anda menukan Y, Windows menyimpan unit bagian yang hilang ke direktori root sebagai file dengan nama dalam format Filennn.chk.setelah Chkdsk selesai ,anda dapat menecek file tersebut untuk melihat apakah berisi data yang dibutuhkan. Jika anda menekan N, Windows memperbaiki disk, tetapi tidak menyimpan isi unit bagian yang hilang.

Untuk mejalankan Chkdsk.exe dapat dengan menu run lalu ketik cmd dan ketik chkdsk lalu tekan tombol Enter.

Disk Cleanup

Pada waktu menjalankan operating system sekompleks Windows, Anda mungkin tidak tahu arti semua file pada computer anda. Kadang-kadang windows menggunakan file untuk keperluantertentu. Dan kemudian menyimpan mereka dalam suatu folder yang digunakan untuk temporer. Atau anda menginstal komponen windows yang tidak lagi digunakan.

Karena berbagai alas an (termasuk kekurangan ruang Harddisk) anda mungkin ingin menurangi jumlah file pada disk, atau menambah ruang kosong. Kurangnya ruang kosong dapat menyebabkan banyak masalah contohnya saja korupsi file.

Untuk menambah ruang kosong, kita dapat memindahkan file ke volume lain, atau mengrsip melalui media backup. Mengompres file atau menghapus file yang yidak dibutuhkan.

Disk Cleanup (Cleanmgr.exe)memungkinkan kita menghapus file internet temporer, menghapus file program, mengosongkan Recycle bin, menghapus file temporer Windows, menghapus komponen Windows yang tidak digunakan lagi, dan mengompresi file yang jarang diakses.

Untuk menjalankan Disk Cleanup dapat dilakukan dengan cara menekan tombol star lalu all programs arahkan pointer ke Accessories lalu System Tools lalu Disk Cleanup.

Disk Defragmenter

Windows XP menyediakan dua metode untuk men-defragmentasi volume : Disk Defragmenter snap-in(dfrg.msc), dan tool command-line Disk Defragmenter (Defrag.exe). kedua tool mengatur file, folder, dan program sehingga mereka ditemptkan berdampingan. Tool juga mengatur ruang kosong, memindahkannya ke akhir volume. Hasilnya OS dapat menulis dengan kerepatan maksimal dengan meningkatnaya performa.

Untuk menjalankan Disk Deragmenter snap-in, ketik drfg.msc padakotak dialog run. Cara sederhana untuk mempercepat proses defrag Windows XP adalah dengan me-restart system sebelim menjalankan Defrag. Hal ini dilakukan agar operating system dapat membersihkan file swap/paging dan meresetnya ke ukuran default. Dengan demikian, Defrag dapat fokos ke data yang diperlukan pada Harddisk tanpa harus menghentikan, dan menelola file swap dimuati dengan data yang tidak diperlukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: